STRUKTUR DASAR AKUNTANSI


STRUKTUR DASAR AKUNTANSI


A Jurnal Khusus (Special Journal)
Sesuai dengan namanya, jurnal khusus adalah jurnal yang secara khusus digunakan untuk mencatat transaksi sejenis yang sering terjadi berulang-ulang.Jenis jurnal khusus yang digunakan antara perusahaan yang satu dan lainnya tidak harus sama, tergantung dari transaksi yang sering atau berulang-ulang terjadi.
Untuk transaksi sejenis yang sering terjadi dibuatkan jurnal khusus, sedangkan yang jarang terjadi digabung dalam jurnal umum.
1. Jenis Jurnal Khusus
Jenis jurnal khusus yang digunakan pada umumnya adalah sebagai berikut.
a. Jurnal penerimaan kas (cash receipt journal), yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap terjadi  penerimaan uang.
B.Jurnal pengeluaran kas (cash payment journal), yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap terjadi pengeluaran uang.
c. Jurnal pembelian (purchase journal), yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap terjadi pembelian secara kredit.
d. Jurnal penjualan (sales journal), yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap terjadi penjualan secara kredit.
e. Jurnal umum (general journal), yaitu jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang tidak sesuai untuk dimasukkan dalam keempat jurnal di atas.
Jika sering terjadi penerimaan kembali barang yang dijual dan pengiriman kembali barang yang sudah dibeli, dapat disediakan jurnal retur penjualan dan jurnal retur pembelian.

2. Bentuk Jurnal Khusus
Susunan lajur-lajur atau kolom-kolom jurnal khusus yang dibuat perusahaan satu dengan yang lain tidak selalu sama, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Secara umum, bentuk jurnal khusus dapat
digambarkan sebagai berikut.

link : download materi diatas lebih lengkap disertai contoh ampun gambar 

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More